Produk Kerekayasaan Teknologi

  1.  Smart Level Crossing (SLC)

Smart Level Crossing atau biasa disebut SLC merupakan teknologi pengamanan pada perlintasan sebidang kereta api dengan menggunakan sensor deteksi kereta yang bekerja secara independen dan otomatis. SLC merupakan teknologi hasil kerjasama antara BPPT dengan PT.INTI (Industri Telekomunikasi Indonesia).

Sistem ini  membantu Kementerian Perhubungan, PT. KAI (Kereta Api Indonesia) dan Pemerintah daerah dalam pengamanan pada perlintasan sebidang kereta api

 

  2.  SIQUPON  (Sistem Informasi Quick Response) 

SIQUPON (Sistem Informasi Quick Response) adalah sistem terpadu yang dapat menerima informasi kejadian dari masyarakat untuk kemudian diteruskan ke instansi terkait yang mempunyai tupoksi sesuai masalah yang dilaporkan.


 

  3.  Smart Parking

Smart Parking adalah pemantauan area parkir dengan menggunakan teknologi computer vision

 

 

  4.  Sistem Pemantau Rel Kereta Api (SPARTA)

Sistem Pemantau Rel Kereta (SPARTA) merupakan teknologi pemantau rel kereta api dengan menggunakan sensor ghyro untuk menangkap kondisi kemiringan rel yaitu yaitu Rolling, Pitching dan Yawing dan kamera untuk merekam video kondisi rel yang dilengkapi dengan GPS untuk mengetahui lokasi kemiringan dan informasi kecepatan.

Sistem Pemantau Rel Kereta (SPARTA) merupakan teknologi pemantau rel kereta api dengan menggunakan sensor ghyro untuk menangkap kondisi kemiringan rel dan kamera untuk merekam video kondisi rel yang dilengkapi dengan GPS untuk mengetahui lokasi kemiringan dan informasi kecepatan.

 

  5.  Pra Feasibility Study (Pra FS) Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

 

  6.  Audit Teknologi Metro Kapsul

Audit Teknologi terhadap Metro Kapsul bertujuan untuk mengetahui status teknologi sarana dan prasarana Metro Kapsul dan untuk mengetahui kemampuan teknologi produksi Metro Kapsul

Ruang lingkup kegiatan ini meliputi:

  1. Melakukan kajian regulasi dan standar terkait dengan persyaratan teknis dan teknologi Metro Kapsul 
  1. Melakukan Audit Teknologi terhadap teknologi produk.
  1. Melakukan Audit Teknologi terhadap teknologi prasarana.
  1. Melakukan Audit Teknologi terhadap kemampuan desain, produksi, logistik, uji produk dan purnajual.