Laboratorium

 

Laboratorium PTSPT memiliki Hardware dan Software:

 

Matlab adalah kependekan dari MATrix LABoratory dikarenakan setiap data pada MATLAB menggunakan dasar matriks. MATLAB adalah bahasa pemrograman tinggi, tertutup, dan case sensitive dalam lingkungan komputasi numerik yang dikembangkan oleh MathWorks. Salah satu kelebihannya yang paling populer adalah kemampuan membuat grafik dengan dukungan kustomisasi terbaik (https://www.advernesia.com)


 

CAD adalah teknologi untuk mendesain produk dan dokumen proses desain, teknologi ini memfasilitasi proses manufakturing dengan memberikan desain rinci mengenai material produk, proses, toleransi, dan dimensi secara spesifik, dan bisa memberikan diagram secara dua dimensi ataupun 3 dimensi (https://www.techopedia.com)


ArcGIS adalah perangkat lunak komputer yang membantu analisis geospasial, ArcGIS memiliki ratusan perangkat analisis ruang, perangkat ini memudahkan dalam mengubah data menjadi informasi penting dan menjalankan tugas-tugas GIS secara otomatis (esriindonesia.co.id)

 


Bentley adalah ebuah aplikasi atau perangkat lunak yang secara komprehensif digunakan untuk melakukan desain dalam bentuk 3 Dimensi dan infrastruktur secara detail dan lengkap. Software ini menyediakan kemampuan penyusunan yang lengkap, alat pemetaan yang handal dan dan tingkat otomasi yang tinggi terhadap alur kerja industri. Selain itu juga untuk memberikan peningkatan produktivitas dan penghematan waktu yang signifikan untuk perencanaan dan pemeliharaan proyek kereta api.


 
Creo Parametric adalah perangkat lunak standar dalam CAD 3D. Software ini memiliki kemampuan CAD 3D yang kuat namun fleksibel untuk mempercepat desain dan perakitan. Creo Parametric memiliki kekuatan dalam pemodelan inti

 


 

Pro/ENGINEER sebuah perangkat lunak desain yang dikeluarkan oleh Parametric Technology Corporation yang berbasis gambar 3 dimensi (memiliki massa, volume dan pusat gravitasi). Software ini merupakan pelopor perangkat lunak desain 3 dimensi yang memakai sistem parametrik. Artinya desain komponen terbentuk dari berbagai fitur dan referensi dan bentuk hubungan antar fitur tersebut. Untuk komponen akhir yang sama jika cara pemberian dimensi dan hubungan antar fitur berbeda maka akan menghasilkan bentuk komponen yang berbeda ketika suatu dimensi diubah.


 

PTV Vissim adalah paket perangkat lunak simulasi arus lalu lintas multi-modal mikroskopik yang dikembangkan oleh PTV Planung Transport Verkehr AG di Karlsruhe, Jerman. Nama ini berasal dari "Verkehr In Städten - SIMulationsmodell" (Bahasa Jerman untuk "Lalu Lintas di kota - model simulasi"). PTV Vissim pertama kali dikembangkan pada tahun 1992 dan saat ini menjadi pemimpin pasar global. PTV Vissim adalah bagian dari PTV Vision Traffic Suite yang juga termasuk PTV Visum (analisis lalu lintas dan peramalan) dan PTV Vistro (optimasi sinyal dan dampak lalu lintas).

 


 Visual Studiio merupakan sebuah perangkat lunak lengkap (suite) yang dapat digunakan untuk melakukan pengembangan aplikasi, baik itu aplikasi bisnis, aplikasi personal, ataupun komponen aplikasinya, dalam bentuk aplikasi console, aplikasi Windows, ataupun aplikasi Web.