Penandatanganan dan Uji Coba SIQUPON (SISTEM INFORMASI QUICK RESPONS) di Kota Pekalongan

Dalam rangka mencapai Output Sistem Transportasi Cerdas menuju Pekalongan Kota Pintar, Program Teknologi Transportasi untuk Konektivitas, Logistik dan Perkotaan T.A. 2015 , pada tanggal 29 Oktober tahun 2015 telah ditandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Direktur Pusat Teknologi Industri dan Sistem Transportasi DR.Ir.Rizqon Fajar, MSC dengan Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata dan Budaya Kota Pekalongan Drs.Doyo Wibowo MSi, serta Launching Uji Coba Si QuPon yang dihadiri oleh Pjb.Walikota Pekalongan Prijo Anggoro BR, Kepala-kepala SKPD terkait, KaSatLantas Polres Pekalongan Kota AKP Dwi Nugroho, dan Media massa, bertempat di Ruang ATCS PemKot Pekalongan.


Pjb.Walikota Pekalongan Prijo Anggoro berterimakasih atas bantuan yang diberikan meski baru sebatas uji coba, karena bantuan sepenuhnya akan diberikan pada tahun 2016 oleh BPPT. Menurut beliau, bantuan yang diberikan sangat bermanfaat bagi masyarakat dan merupakan pengejawantahan perhatian Pemerintah Pusat yang diwakili oleh BPPT kepada daerah yang diwakili oleh PemKot Pekalongan. Harapan beliau, bantuan yang diberikan dapat diperluas, dan SiQuPon juga dapat diterapkan di kota-kota lain seperti Semarang, dimana beliau juga masih bertugas sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Semarang.

 Pada acara tersebut ditampilkan hasil pengembangan sistem ITS (Intelligent Transportation System), berupa:

 1. Sistem Quick Respon (SI QUPON), berperan dalam mengurangi permasalahan di perkotaan yang mempunyai fungsi memberikan informasi secara cepat dalam rangka mengurangi hambatan lalu lintas berupa efisiensi waktu tempuh, penghematan BBM, serta meminimalisir kerugian materi, jiwa.
SiQuPonmerupakan sistem terpadu yang dapat menerima informasi kejadian dari masyarakat untuk kemudian diteruskan ke Instansi terkait yang mempunyai tupoksi sesuai masalah yang dilaporkan. Pada demo kinerja SiQuPon, ditunjukkan bahwa masyarakat yang memiliki informasi atau melihat kejadian penting dapat menginformasikan melalui nomor SMS Center SiQuPon atau melalui media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Twitter. Informasi tersebut kemudian akan diteruskan oleh Operator ke Instansi terkait untuk segera ditindaklanjuti.
    Terdapat 2 notifikasi yang akan diterima oleh instansi terkait, yaitu berupa alarm dan running text.

 
 2. Sistem Kendali Lalu-Lintas, tersusun atas pengembangan perangkat sistem kamera pencacah kendaraan otomatis berbasis sistem tertanam dan pengembangan sistem kendali lalu lintas persimpangan tunggal.
 Pada akhir tahun 2016 diharapkan dapat diterapkan aplikasi SiQupon pada 3-4 instansi terkait di Kota Pekalongan seperti Kepolisian, BPBD/Damkar, Rumah Sakit, Diskominfo.