FGD AUDIT TEKNOLOGI INOVASI SMART LEVEL CROSSING

Jakarta – Pusat Teknologi Sistem dan Prasarana Transportasi (PTSPT – BPPT) melaksanakan Focus Group Discussion pada 25 November 2019 sebagai pertanggungjawaban kegiatan membantu dan mendorong hilirisasi produk inovasi teknologi Smart Level Crossing (SLC) kepada calon pengguna antara lain ; Kementrian Perhubungan, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur dan Dinas Perhubungan Kota Bekasi.

 

Dalam paparannya serta acara pembukaan FGD, Direktur PTSPT Rizqon Fajar menjelaskan bahwa inovasi SLC merupakan sistem yang dikembangkan sebagai sistem peringatan dini pada perlintasan sebidang kereta api, sistem yang dikembangkan dapat mendeteksi kedatangan kereta api tanpa mengganggu sistem persinyalan kereta yang sudah ada.

Dilanjutkan paparan Kasubdit dari Direktorat Keselamatan Kereta Api, Prayudi mengatakan SLC akan sangat membantu jika di pasang di daerah – daerah yang melayani kereta jarak menengah dan jauh.

Untuk mengembangkan inovasi Smart Level Crossing ini, Pusat Teknologi Sistem dan Prasarana Transportasi sangat memerlukan pendampingan dan dukungan dari regulator, pemerintah pusat, dan pemerintah daerah.